Bebas Biaya Berhasil Meningkatkan Penjualan Di Media Sosial

Bebas Biaya Berhasil Meningkatkan Penjualan Di Media Sosial


 Apakah anda seorang yang memiliki usaha? atau anda sedang merintis usaha? atau anda ingin memulai usaha?


 Baiklah, semoga pertanyaan di atas adalah salah satu dari anda dan saya yakin bahwa anda tengah mencari tips atau kiat untuk melakukan upaya agar anda dapat memutuskan cara yang tepat sehingga harapan yang anda inginkan dapat terwujud.


Bebas Biaya Berhasil meningkatkan Penjualan Di Media Sosial


 Saya harapkan tulisan ini akan berguna sehingga nantinya anda dapat menjalankan usaha sesuai dengan keinginan dan jangan lupa bahwa segala sesuatu yang anda lakukan harus didasari dengan niat serta upaya yang gigih serta berdo'a dan satu lagi yaitu beramal, memberikan sedekah kepada yang membutuhkan dan siapapun orang yang telah membantu anda meraih kesuksesan.


Bebas Biaya Berhasil Meningkatkan Penjualan Di Media Sosial


 Tulisan ini berdasarkan pengalaman dari saya sendiri sehingga timbul keinginan saya untuk berbagi pengalaman kepada anda. Harapan saya agar anda dapat lebih meningkatkan hasil yang telah anda raih bahkan saya yakin anda harus dapat lebih baik dari pada saya, mengapa? karena anda adalah pemain sekaligus kunci dari kesuksesan anda sendiri.


Bebas Biaya Berhasil Meningkatkan Penjualan Di Media Sosial


Cara yang dapat anda lakukan yaitu;


1. Memiliki Akun Media Sosial

 Tidak dipungkiri bahwa pada saat ini hampir atau sebagian besar orang memiliki akun media sosial dan sedikitnya satu akun media sosial telah dimiliki oleh oleh para pengguna gadget maupun smartphone, benar bukan?

 Tentu benar, contoh saja jika anda memiliki gadget atau smartphone berbasis android. Anda akan disarankan untuk mendaftarkan akun oleh pihak Google sebagai sebagai langkah awal sebelum anda dapat mengoperasikan fitur android yang ada di gadget atau smartphone anda.Hal ini secara tidak langsung anda mendapatkan dukungan untuk dapat terhubung ke media sosial setelah anda memenuhi syarat serta kriteria yang diajukan oleh pihak Google dan setelah itu terpenuhi anda dapat terhubung dengan media sosial langsung salah satunya yaitu Google+ media sosial terbesar milik Google dan salah satu yang sangat digemari oleh pengguna gadget serta smartphone di seluruh dunia. Di Indonesia sendiri tercatat ada 3,4 juta akun pengguna Google+ (data statistik KOMINFO tanggal 07 November 2013)

2. Membuat Komunitas dan Koleksi di Google+


 Jika tadi saya mengutarakan pada poin nomor 1 yaitu Memiliki Akun Media Sosial maka untuk poin yang ke 2 ini anda harus Membuat Halaman Media Sosial. Tujuannya adalah membangun komunitas dibawah kendali anda, dapat anda bayangkan bahwa sebuah komunitas dan anda sebagai pengendali tentu dapat mengarahkan mereka pada sebuah produk atau layanan yang sedang anda promosikan di satu tempat, membuat konten yang menarik berikut penjelasan dan sedikit trik khusus namun tetap pada spesifikasi nyata sebuah produk atau layanan yang anda promosikan.

 Anda dapat membangunnya di Google+ misalnya. Pada Google+ istilah "Komunitas" adalah sebuah tempat atau halaman dimana anda dapat mengumpulkan orang (baca pengguna Google+) untuk berinteraksi dengan anda mengenai produk atau layanan yang sedang anda promosikan, bangunlah komunitas yang sangat bersahabat serta berjanji tidak pernah mengabaikan setiap komentar yang dilontarkan pada setiap pos yang anda terbitkan. Cara seperti ini akan membangun sebuah komunitas yang anda miliki tetap terhubung dengan orang disekitar anda, bahkan bisa membawa komunitas atau orang lain ingin sekali bergabung dengan komunitas anda dan hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi anda. Untuk tutorial cara membuat komunitas di Google+ silahkan anda membaca "KOMUNITAS", ada beberapa panduan sebagai berikut:
  • Memulai Komunitas
  • Menemukan dan Bergabung dengan Komunitas
  • Membuat atau mengedit Komunitas
  • Memoderasi Komunitas

 Yang perlu anda lakukan agar semua itu berjalan dengan baik adalah mengatur komunitas anda pada mode publik sehingga orang lain dapat menemukan anda (anda tidak dapat mengubah mode pengaturan akses komunitas jika telah diterbitkan). Kemudian langkah selanjutnya adalah membuat koleksi yang bertujuan untuk mengelompokkan produk atau layanan anda. Buat koleksi anda dengan baik sehingga anda dan orang lain sangat mudah dan terasa nyaman ketika mengunjungi koleksi anda. Cara membuat koleksi di Google+ sangatlah mudah dan pengaturan dapat anda ubah sewaktu- waktu. Adapun tutorial cara membuat dan mengubah koleksi bisa anda pelajari pada tautan "MEMBUAT DAN MENGEDIT KOLEKSI" untuk Android, Komputer, Iphone & Ipad.

3. Membuat Halaman di Jejaring Sosial Facebook


 Tidak dipungkiri bahwa jejaring sosial Facebook telah dikenal dan memiliki pengguna yang sangat besar, Blog Kominfo menyebutkan (07 November 2013),"Menurut data dari Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya". Hal ini adalah peluang bagi anda untuk mempromosikan produk atau layanan kepada orang (baca pengguna Facebook) sehingga dapat meningkatkan penjualan.
Menurut data dari Webershandwick, perusahaan public relations dan pemberi layanan jasa komunikasi, untuk wilayah Indonesia ada sekitar 65 juta pengguna Facebook aktif. Sebanyak 33 juta pengguna aktif per harinya, 55 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile dalam pengaksesannya per bulan dan sekitar 28 juta pengguna aktif yang memakai perangkat mobile per harinya.
 Sudahkah anda memiliki akun Facebook? saya merasa bahwa anda telah memiliki akun Facebook. Tetapi Facebook bukan hanya digunakan sebagai media yang monoton saja seperti update status, melontarkan komentar (yang terkadang komentar tidak sopan, menghujad atau cenderung SARA) namun Facebook dapat anda manfaatkan lebih baik dan menghasilkan jika anda memiliki ide baik, cemerlang dengan memanfaatkan fitur Halaman pada Facebook. Adapun panduan cara membuat Halaman pada Facebook bisa anda pelajari di sini,"BAGAIMANA CARA MEMBUAT HALAMAN". Ada empat poin untuk memulai membuat Halaman Facebook;

  • Buka facebook.com/pages/create
  • Klik untuk memilih kategori Halaman
  • Pilih kategori yang lebih spesifik dari menu pilihan dan isilah informasi yang diperlukan
  • Klik Memulai dan ikuti petunjuk di layar
Catatan: Siapa saja dapat membuat Halaman, tetapi hanya perwakilan resmi yang dapat membuat Halaman untuk sebuah organisasi, bisnis, merek, atau tokoh masyarakat.


 Tentuakan kategori sesuai dengan tujuan utama anda miasalnya, jika anda memiliki tempat usaha maka Halaman Facebook yang paling tepat bagi anda adalah,"Tempat atau Bisnis Lokal" namun jika anda tidak atau belum memiliki tempat maka halaman yang cocok bagi kriteria anda adalah,"Merek atau Produk". Setelah menentukan kategori Halaman Facebook anda selanjutnya adalah mengisi formulir pendaftarannya, sangat mudah dan ringkas namun jelas sekali, anda hanya mengisi berdasarkan form yang ditampilkan, ikuti dan baca sampai anda memahami setelah itu ajukan dengan klik,"Memulai".

Bebas Biaya Berhasil Meningkatkan Penjualan Di Media Sosial


 Pada intinya bahwa Komunitas Google+ maupun Halaman Facebook adalah tempat untuk mempromosikan produk atau layanan anda sehingga orang (baca pengguna) dapat mengetahui, membaca, bertanya, memutuskan, sedangkan anda selain mempromosikan juga harus pandai dan dapat membuat strategi, kiat, tips tentang promosi yang anda publikasikan. Jika Koleksi pada Google+ bertujuan untuk mengelompokkan produk atau layanan anda maka pada Halaman Facebook anda dapat melakukan hal tersebut melalui fitur "TOKO". Anda dapat mengelompokkan sesuai kriteria yang anda inginkan, Contoh fitur Toko pada Halaman Facebook bisa anda lihat pada bagian bawah postingan blog ini. Tentunya kreasi serta imajinasi anda diharapkan dapat membuat orang tertarik dan dapat meningkatkan hasil maupun pendapatan untuk Produk atau Layanan anda.

Bebas Biaya Berhasil Meningkatkan Penjualan Di Media Sosial


 Jika anda memiliki anggaran yang cukup tentunya tidak ada kesulitan untuk bisa meningkatkan pendapatan usaha dari Produk atau Layanan yang anda miliki dengan jalan mengajukan iklan, hal tersebut sangat diharapkan, walau terkadang hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

 Demikian uraian dari saya mengenai Bebas Biaya Berhasil Meningkatkan Penjualan Di Media Sosial, semoga tulisan ini dapat menjadi inspirasi bagi anda semua, terima kasih sampai jumpa di artikel lainnya. Ikuti saya, berikan kritik serta saran, ajukan pertanyaan jika anda mempunyai kendala, kita akan membahasnya bersama.


Salam,

1 comment:

  1. Sangat membantu kak, semoga berguna bagi pembaca blog ini, terima kasih kak.

    ReplyDelete